Menonaktifkan Windows Update Otomatis pada Windows 10



Seperti yang kita tahu bahwa fitur Automatic Update di Windows 10 secara default tidak bisa dimatikan. Hal ini mengakibatkan Windows akan melakukan update secara otomatis sehingga menghabiskan kuota atau paket internet bagi yang kuotanya limited. Untuk itu saya akan memberikan tips cara menonkaktifkan Windows Update di Windows 10.

Tentu saja ini tidak disarankan bagi Anda yang paket internetnya unlimited, karena update dari Microsoft cukup penting (perbaikan bugs, penambahan fitur, atau security patch). Tetapi bagi yang kuota internetnya ngos-ngosan, silahkan mengikuti cara ini.

Untuk menonaktifkan Windows Update di Windows 10, caranya cukup mudah :

Cara 1 : Menggunakan fitur Metered Connection

Mengatur koneksi sebagai Metered Connection artinya adalah 'memberitahu' Windows bahwa kita sedang menggunakan internet dengan kuota atau paket internet limited, sehingga Windows tidak akan mendownload Update secara otomatis.
Namun cara ini hanya bisa dilakukan untuk koneksi WiFi atau Mobile Broadband/modem (koneksi LAN tidak bisa).

Untuk melakukannya cukup koneksikan dengan hotspot WiFi atau Mobile Broadband terlebih dahulu. Kemudian setelah terhubung, klik kembali hotspot tersebut lalu klik Properties (seperti gambar di bawah).

Apabila tidak ada tombol Properties-nya, silahkan buka Start > Settings > Network & Internet. Kemudian pilih hotspot WiFi atau Mobile broadband yang sedang terhubung.


Pada pengaturan Set as metered connection silahkan diaktifkan.

Catatan :
Agar Windows 'tidak sempat' mendownload Update, lakukan cara ini langsung setelah terkoneksi dengan WiFi/hotspot/Mobile Broadband.
Masing-masing koneksi hotspot WiFi/Mobile Broadband memiliki settingan on/off Metered Connection sendiri-sendiri. Apabila menggunakan hotspot lain, silahkan mengaktifkan Metered Connection untuk hotspot tersebut.
Apabila menggunakan hotspot yang unlimited kuota tidak perlu mengaktifkan Metered Connection-nya agar tetap mendapatkan update dari Microsoft.

Cara 2 : Mematikan Service Windows Update

Dengan cara ini Windows Update akan dimatikan secara total, sehingga ketika terhubung dengan internet dimanapun tetap tidak akan mendownload Update.

Untuk melakukannya silahkan klik Start > kemudian langsung ketikkan services > tekan Enter.

Cari Windows Update, kemudian klik kanan > Properties.

Setelah itu klik Stop, kemudian ubah Startup type menjadi Disabled.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »