Mengatasi BBM, WhatsApp, dan Sosial Media tidak Muncul Notifikasi pada HP Xiaomi




Banyak pengguna HP Xiaomi yang mengeluhkan sering tidak mendapatkan notifikasi ketika ada pesan masuk atau bahkan pesan tidak masuk sama sekali. Padahal koneksi internet tidak ada masalah dan lancar-lancar saja. Pesan-pesan tersebut baru bisa masuk ketika kita membuka sendiri aplikasi-aplikasi tersebut.

Salah satu penyebabnya yaitu karena fitur Autostart pada HP yang ber-OS MIUI. Hal ini terjadi karena pada HP yang berbasis MIUI terdapat fitur Security dimana salah satunya adalah mencegah aplikasi autostart (berjalan otomatis) ketika HP dinyalakan.

Fitur ini dimaksudkan agar kita dapat memilih aplikasi tertentu saja yang diperbolehkan untuk mulai secara otomatis sehingga tidak memberatkan RAM HP.

Apabila fungsi autostart tidak berjalan pada aplikasi-aplikasi Chat atau sosial media seperti BBM, WhatsApp, Facebook, dll maka mengakibatkan service (yang menangani keluar masuknya pesan, lalu lintas data, dan fungsi notifikasi) yang berjalan di background process, tidak akan berjalan sehingga pesan yang dikirimkan kepada Anda tidak akan masuk sampai Anda membuka sendiri aplikasi tersebut.

Untuk itu, saya akan berikan cara untuk mengatasi hal tersebut.


Masuk ke aplikasi bawaan MIUI : Security, kemudian pilih Permission > Auto start.



Carilah aplikasi-aplikasi chat atau sosial media yang ingin diaktifkan autostart-nya, kemudian aktifkan autostart-nya pada masing-masing aplikasi tersebut.


Cara tersebut bisa digunakan untuk semua HP Xiaomi berbasis MIUI seperti:
Redmi 1S Redmi 2, Redmi 2 Pro, Prime,
Redmi 3, 3S, 3X Pro, Prime
Redmi Note, Redmi Note 2, Redmi Note 3
Mi 4i, Mi 4c, dll

Selain HP Xiaomi juga bisa digunakan pada merk lain yang berbasis OS MIUI.

Demikian cara untuk Mengatasi BBM, WhatsApp, dan Sosial Media tidak Muncul Notifikasi pada HP Xiaomi.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »